MANFAAT RUTIN MEMINUM AIR PUTIH - info asik

Breaking

About Me

Sabtu, 12 Mei 2018

MANFAAT RUTIN MEMINUM AIR PUTIH



Memulai hari dengan minum air putih akan lebih baik untuk kesehatan Anda. Baru setelahnya Anda tetap bisa mengonsumsi kopi atau teh favorit. Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.



Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan, sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.


Meskipun sangat hal yang simpel, kebiasaan minum segelas air ketika bangun tidur masih jarang dilakukan kebanyakan orang. Sangat jarang melakukannya padahal rutinitas ini tidak memerlukan waktu yang lama namun memiliki banyak manfaatnya, contoh beberapa manfaat minum air putih dengan rutin.

  • Mengurangi sakit kepala

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama terjadinya sakit kepala. Meminum air di pagi hari merupakan langkah awal agar terjadinya sakit kepala anda tidak semakin parah. Sehingga tidak mengganggu performa kerja dan penampilan sehari hari.

  • Mengubah metabolisme tubuh

Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum segelas air dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen. dan jika anda meminum air satu gelas ketika perut anda kosong dapat membuat pencernaan lebih efisien untuk memulai hari.

  • Mengeluarkan racun dari tubuh
Dengan meminum air putih di pagi hari dapat menjaga usus kecil dari dehidrasi. Saat keseimbangan air dalam tubuh seimbang, maka sistem dalam pencernaan akan semakin baik. dan akan buang air lebih sering karena asupan air yang cukup. Semakin sering buang air, racun di dalam tubuh terbuang lebih cepat bersama urine.

  • Mencegah gangguan pencernaan 

Taukah anda setiap meminum air putih di pargi hari dapat membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang bekerja saat tidur. Asam ini dapat mengganggu pencernaan jika tidak rutin dibersihkan.


Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat minum air putih seperti yang dijelaskan di atas, 

  • Cobalah jika kalian ingin membiasakan minum air putih, di setiap tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, kalian akan teringat untuk mengonsumsinya.
Ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar